Blogger templates

Monday, August 4, 2014

Apa itu objek 3D ?



Apa itu objek 3D ?

3D adalah sebuah objek / ruang yang memiliki panjang, lebar dan tinggi yang memiliki bentuk. 3D tidak hanya digunakan dalam matematika dan fisika saja melainkan dibidang grafis, seni, animasi, komputer dan lain-lain.

Konsep tiga dimensi atau 3D menunjukkan sebuah objek atau ruang memiliki tiga dimensi geometris yang terdiri dari: kedalaman, lebar dan tinggi. Contoh tiga dimensi suatu objek / benda adalah bola, piramida atau benda spasial seperti kotak sepatu.

Karakteristik 3D
Bahwa 3D menunjukkan suatu titik koordinat Cartesian X, Y dan Z. Penggunaan istilah 3D ini dapat digunakan di berbagai bidang dan sering dikaitkan dengan hal-hal lain seperti spesifikasi kualitatif tambahan (misalnya: grafis tiga dimensi, 3D video, film 3D, kacamata 3D, suara 3D).

Istilah ini biasanya digunakan untuk menunjukkan relevansi jangka waktu tiga dimensi suatu objek, dengan gerakan perspektif untuk menjelaskan sebuah "kedalaman" dari gambar, suara, atau pengalaman taktil. Ketidakjelasan istilah ini menentukan penggunaannya dalam beberapa kasus yang tidak jelas juga yaitu penggunaannya tidak hanya pada contoh-contoh diatas melainkan (sering dalam iklan dan media).


 Objek 3D yaitu berupa objek 3 dimensi dimana di dalam objek tersebut terdapat beberapa pandangan atau dapat juga di katagorikan sebagai bentuk yang Real dalam sesuatu model yang kita gambarkan. Objek 3 dimensi banyak sekali digunakan dewasa ini sebagai bentuk yang nyata dalam dunia design seperti :
Design Arsitektur,
Design Enggineering,
 Design Mechanical dan lain-lain bentuk 3 dimensi.

Disini penulis akan memberikan contoh drawing objek 3 dimensi sebagai berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoBgeKhkqXlqgYO80llAbxs8bNIEAZwfHSDkJbE0UatOy5X1Fi7Vs9nxY4bXXwuthyphenhypheng9EnCwxt_J5Tq_1RuUp6eeXxigyccnkCLqSOPB3be9WcyEKQbN5FoxPoua0zL7R7d9A5pLSlr7w/s320/RODA3A.jpg

objek ini dibuat dengan menggunakan program AutoCAD 2007 dengan menggukan metoda perintah menggambar 3 dimensi dan di teruskan dengan penambahan material serta pencahayaan dan terakhir menggunakan perintah Rendering.


0 comments:

Post a Comment