Blogger templates

Sunday, August 10, 2014

IIlmu Tentang Typografy Dan Penjelasannya || byarizsadang



ILMU PENGETAUAN TIPOGRAFI 

Pengertian Huruf
Huruf (Tipo/Typeface/Type/Font)  adalah bentuk visual yang dibunyikan sebagai kebutuhan komunikasi verbal.

Pengertian Tipografi
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf dan pneggunaan huruf dalam aplikasi Desain komunikasi Visual.

Sejarah Tipografi

Tipografi merupakan representasi visual dari bentuk komunikasi verbal dan merupakan properti visual yang pokok dan efektif. Hadirnya tipografi dalam media visual merupakan faktor perbedaan antara disain grafis dengan media desain ekspresi visual lainnya, misalnya lukisan.
Lewat kandungan nilai fungsional dan nilai estetiknya, huruf memiliki potensi untuk menterjemahkan atmosfir-atmosfir yang tersirat dalam sebuah komunikasi verbal yang dituangkan melalui abstraksi bentukbentuk visual. Tulisan memiliki entergi tersendiri yang mampu engaktifkan gerak mata asalkan estetika, kenyamanan membaca, interaksi antara huruf dengan ruang dan elemen-elemen visual lainnya.
Desain dan macam-macam huruf sudah ada di masa kerajaan ROMAWI yang pada saat itu diadaptasikannya kesenian, agama, kesusastraan, serta alfabet latin. da 26 macam huruf, yaitu A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, dan Z. Kemajuan teknologi selanjutnya terjadi pada tahun 1984 ketika Adobe Systems merilis PostScript Font dan di tahun 1991 Apple Computer dan Microsoft Corporations mengeluarkan TrueType Font. Postscript Font dan TrueType Font adalah huruf elektronik atau yang disebut font. Huruf digital sesungguhnya berupa bahasa komputer yang berfungsi menerjemahkan kode-kode untuk menghasilkan tampilan bentuk huruf yang sempurna baik di layar monitor amupun pada saat pencetakan. Saat ini dapat ditemukan beragam jenis huruf digital yang digunakan dalam program komputer.

Anatomi Huruf
langkah untuk mengenal tipografi addalh dengan cara memahami anatomi huruf. kita bisa membedakan antara huruf 'a' dengan 'f' dan 'Z' dan 'S' karena kita telah memahami anatomi huruf dengan baik. Gabungan seluruh komponen huruf dapat merupakan identifikasi visual antara huruf yang satu dengan yang lain.
Pada dasarnya huruf terdiri dari berbagai guratan garis (stroke) yang terbagi menjadi dua, yaitu : guratan garis dasar (basic stroke) dan guratan garis sekunder (secondary stroke).
Apabila berdasarkan garis geometri, maka garis dasar yang mendominasi huruf dalam alfabet terbagi menjdai 4 bagian :
kelompok garis tegak-datar, EFHIL
kelompok garis tegak-lengkung, BDGPRJU
kelompok garis tegak-miring, AKMNZYVWX
kelompok garis lengkung, COQS 
Selain itu, huruf memiliki dua ruang dasar menurut teori Gestalt yaitu figure dan ground. apabila kita menelaan keberadaan ruang negetif dari seluruh huruf maka secara garis besar dapat dibagi menkajadi tiga bagian :
ruang negatif bersudut lengkung, BCDGOPQRSU
ruang negatif bersudut persegi-empat, EFHILT
ruang negatif bersudut persegi-tiga, AJKMNVWXYZ
Sistem Pengukuran
Apabila kita perhatikan susunan huruf-huruf pada naskah majalah, buku, ataupun koran, maka susunan-susunan huruf tersebut memiliki keteraturan dalam pengukuran dan proposisi. hal tersebut biasanya mencakup tinggi huruf, jarak huruf yang satu dengan yang lain, jarak antarbaris, dan panjang baris huruf


 point dan pica




tiga dasar cara pengukuran tipografi adalah point (biasa disingkat dengan pt) dan pica (dibaca: paika), dan unit. ponit digunakan untuk mengukur tinggi huruf sedangkan pica digunakan untuk mengukur panjang huruf.
 
x-height
x-height bukan merupakan sistem pengukuran huruf, melainkan besar kecilnya x-height dapat mempengaruhi tinggi huruf secara visual. selain itu, perbedaan jenis huruf serta proporsi antara x-height dengan body size memiliki pengaruh terhadap ukuran ascender dan descender. besar kecilnya x-heoght memiliki pengaruh terhadap jumlah huruf yang dapat terakomondasi dalam satu baris.
 
em dan en
 Spasi adalah berupa interval antar elemen topografi yang mencakup: jarak antar huruf atau disebut dengan kerning, jarak antar kata atau disebut dengan word spaceing dan jarak antar baris yang disebut dengan leading.

kearning
Pengukuranjarak antarhuruf dalam phototypesetting dan digital composition dihitung dengan unit. sistem ini tidak memliki acuan ukuran yang tetap, dalam pengartian tiap unit memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung pada sisten yang digunakan.
leading 
Pengukuran jarak antar baris dihitung dengan menggunakan satuan point. teknik tradisional memggunakan lembaran metal yang disisipkan di antara baris. ketebalan metal ini memiliki ketebalan yang beragam.


Me-render Huruf
Bitmap
Dalam Tampilan layar monitor ataupun cetak digital, teks di render oleh ribuan kumpulan grid mosaik berwarna berbentuk seperti titik yang disebut pixel untuk membuat sebuah bentuk yang diinginkan. Susunan bentuk grid inilah yang disebut dengan Bitmap. Bitmap sangat intensif terhadap memory, sebuah file harus mengandung informasi tentang warna dan posisi dalam sebuah halaman di setiap pixelnya. Ketika sebuah gambar bitmap di perbesar, software hanya bisa memperbesar bentuk pixel pada gambar tersebut, sehingga memengaruhi pixel asli dari gambar tersebut dan bagian pixel yang kecil dan bergerigi akan menjadi terlihat besar dan menjadikan gambar terlihat lebih bergerigi.
Vektor 
Vektor mendeskripsikan sebuah bentuk sebagai sebuah garis seperti garis lurus atau garis melengkung yang saling menyatu dengan titik yang telah ditentukan. Garis-garis tersebut (vektor) di rekam dalam bentuk file sebagai formula matematika. Dan kemudian garis yang telah terbentuk di isi oleh pixel.

Jenis Huruf
Roman
Egyptian
Sans Serif
Script
Mesellaneous

 
Perkembangan Tipografi
Perkembangan Tipografi
Apa itu tipografi? Bagi sebagian orang kata-kata tipografi terasa masih asing banget buat di dengar sehari-hari. Padahal tiap hari, tiap menit kita pasti menemukan tipografi di setiap sudut kehidupan. Di jalan saat membaca reklame, saat membaca poster di papan madink, membaca novel kesukaan, graffiti-gfraffiti  jalanan, dan sebagainya. Yup bener banget. Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dalam dunia design bisa di artikan lebih luas lagi yaitu ilmu tentang bagaimana kita memilih,dan  menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Tipografi  sendiri sebenarnya sudah ada dari sejak bangsa-bangsa Mesir, Viking, Indian, dan Norwegia dalam bentuk pictogram. Apa lagi tuh pictogram? Pictogram itu adalah gambar-gambar yang di ukir di dalam Goa atau batu yang merupakan symbol-simbol yang masing-masing memiliki arti.  Semenjak itu seiring perkembangan zaman yang semakin modern, pictogram-pictogram tersebut juga berevolusi menjadi huruf-huruf yang sekarang kita pakai untuk menulis.
Indonesia sendiri sangat kaya dengan beragam keunikan aksara-aksara yang berasal dari berbagai daerah Jawa, , Bugis, dan batak, dll. Hal ini di manfaatkan dengan baik oleh para desainer untuk mengembangkan unsur etnik tradisional ke tipografi modern. Meski  Indonesia sendiri sebenarnya belum terdengar nama-nama tokoh berpengaruhnya dalam bidang Tipografinya, tapi tidak terbatas hanya di situ saja. Meski tokoh-tokoh berpengaruh nya belum ada, Font-font unik karya Desainer Indonesia telah bertebaran dimana-mana. . Tipografi pun tetap menjadi unsur penting dalam membuat suatu desain.
 

Font yang terinspirasi dari logo Visit Indonesia 2009 ini didesain oleh Fizz-Labz.

 

Font aksara jawa yang ini sudah dimodifikasi agar lebih readable. Sayangnya lagi, jenis font ini tidak memiliki desain angka. Tetapi terlepas dari kekurangannya, desain font ini memang Indonesia banget.
 

Diuat oleh  Suryo Wahono. Desain font yang biasanya dipakai di rumah makan minang ini rapi dan lumayan lengkap (huruf besar dan kecil, angka, serta beberapa tanda baca). Sangat mencirikan rumah adat Sumatera Barat.



 

Boleh dibilang desain font ini memiliki unsur modern-tradisional. Bentuk hurufnya modern dan diperkaya dengan pola batik. Meskipun kurang read-able, desain font ini cukup unik.
 

Dibuat oleh Gregorius Wisnu.Kalau dilihat sekilas, desain font ini sedikit mirip dengan huruf Hanacaraka. Karakter pada font ini juga sudah lumayan lengkap.

selain desain-desain Font yang keren seperti di atas, terdapat  tokoh design yang  telah tergugah hatinya untuk membuat buku yang berjudul “tipografi dalam Desain Grafis” asli karangan desainer Indonesia dan merupakan buku tipografi dari segelintir buku Tipografi  di Indonesia selain buku-buku tipografi import. Pengarang buku tersebuta adalah Danton Sihombing. Berikut saya sertakan juga resensi bukunya agar pembaca gak perlu repot-repot searching lagi.
Penulis: Danton Sihombing
Ukuran: 16,5 x 24 cm
Tebal: 190 halaman
Terbit: Januari 2001
ISBN: 979-655-956-0; 21101956
Soft Cover
Pembahasan komunikasi visual lewat huruf dan aspek-aspek tipografi yang mendasar disajikan lewat sejarah perkembangan desain dan gaya huruf, teknik dan terminologi dalam tipografi hingga pedoman dasar penerapan tipografi dalam rancangan grafis. Di tengah langkanya penerbitan buku desain grafis di Indonesia, buku ini merupakan referensi yang baik bagi para peminat, siswa ataupun praktisi desain grafis di Indonesia.
…Buku pertama tentang tipografi yang diterbitkan di Indonesia ini akan memberikan pemahaman dasar terhadap masalah desain grafis dan tipografi.
– Irvan A. Noe’man, President Director BD+A Design


1 comments:

  1. ooooooooooooooooooooooooooooooooooooooouuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuugggggggggggggggggggggggggggoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

    ReplyDelete