ILMU
PENGETAUAN TIPOGRAFI
Pengertian Huruf
Huruf (Tipo/Typeface/Type/Font) adalah bentuk visual yang dibunyikan sebagai kebutuhan komunikasi verbal.
Pengertian Tipografi
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf dan pneggunaan huruf dalam aplikasi Desain komunikasi Visual.
Sejarah Tipografi
Tipografi merupakan representasi visual dari bentuk komunikasi verbal dan merupakan properti visual yang pokok dan efektif. Hadirnya tipografi dalam media visual merupakan faktor perbedaan antara disain grafis dengan media desain ekspresi visual lainnya, misalnya lukisan.
Lewat kandungan nilai fungsional dan nilai estetiknya, huruf memiliki potensi untuk menterjemahkan atmosfir-atmosfir yang tersirat dalam sebuah komunikasi verbal yang dituangkan melalui abstraksi bentukbentuk visual. Tulisan memiliki entergi tersendiri yang mampu engaktifkan gerak mata asalkan estetika, kenyamanan membaca, interaksi antara huruf dengan ruang dan elemen-elemen visual lainnya.
Desain dan macam-macam huruf sudah ada di masa kerajaan ROMAWI yang pada saat itu diadaptasikannya kesenian, agama, kesusastraan, serta alfabet latin. da 26 macam huruf, yaitu A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, dan Z. Kemajuan teknologi selanjutnya terjadi pada tahun 1984 ketika Adobe Systems merilis PostScript Font dan di tahun 1991 Apple Computer dan Microsoft Corporations mengeluarkan TrueType Font. Postscript Font dan TrueType Font adalah huruf elektronik atau yang disebut font. Huruf digital sesungguhnya berupa bahasa komputer yang berfungsi menerjemahkan kode-kode untuk menghasilkan tampilan bentuk huruf yang sempurna baik di layar monitor amupun pada saat pencetakan. Saat ini dapat ditemukan beragam jenis huruf digital yang digunakan dalam program komputer.
Anatomi Huruf
langkah untuk mengenal tipografi addalh dengan cara memahami anatomi huruf. kita bisa membedakan antara huruf 'a' dengan 'f' dan 'Z' dan 'S' karena kita telah memahami anatomi huruf dengan baik. Gabungan seluruh komponen huruf dapat merupakan identifikasi visual antara huruf yang satu dengan yang lain.
Pada dasarnya huruf terdiri dari berbagai guratan garis (stroke) yang terbagi menjadi dua, yaitu : guratan garis dasar (basic stroke) dan guratan garis sekunder (secondary stroke).
Apabila berdasarkan garis geometri, maka garis dasar yang mendominasi huruf dalam alfabet terbagi menjdai 4 bagian :
Huruf (Tipo/Typeface/Type/Font) adalah bentuk visual yang dibunyikan sebagai kebutuhan komunikasi verbal.
Pengertian Tipografi
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf dan pneggunaan huruf dalam aplikasi Desain komunikasi Visual.
Sejarah Tipografi
Tipografi merupakan representasi visual dari bentuk komunikasi verbal dan merupakan properti visual yang pokok dan efektif. Hadirnya tipografi dalam media visual merupakan faktor perbedaan antara disain grafis dengan media desain ekspresi visual lainnya, misalnya lukisan.
Lewat kandungan nilai fungsional dan nilai estetiknya, huruf memiliki potensi untuk menterjemahkan atmosfir-atmosfir yang tersirat dalam sebuah komunikasi verbal yang dituangkan melalui abstraksi bentukbentuk visual. Tulisan memiliki entergi tersendiri yang mampu engaktifkan gerak mata asalkan estetika, kenyamanan membaca, interaksi antara huruf dengan ruang dan elemen-elemen visual lainnya.
Desain dan macam-macam huruf sudah ada di masa kerajaan ROMAWI yang pada saat itu diadaptasikannya kesenian, agama, kesusastraan, serta alfabet latin. da 26 macam huruf, yaitu A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, dan Z. Kemajuan teknologi selanjutnya terjadi pada tahun 1984 ketika Adobe Systems merilis PostScript Font dan di tahun 1991 Apple Computer dan Microsoft Corporations mengeluarkan TrueType Font. Postscript Font dan TrueType Font adalah huruf elektronik atau yang disebut font. Huruf digital sesungguhnya berupa bahasa komputer yang berfungsi menerjemahkan kode-kode untuk menghasilkan tampilan bentuk huruf yang sempurna baik di layar monitor amupun pada saat pencetakan. Saat ini dapat ditemukan beragam jenis huruf digital yang digunakan dalam program komputer.
Anatomi Huruf
langkah untuk mengenal tipografi addalh dengan cara memahami anatomi huruf. kita bisa membedakan antara huruf 'a' dengan 'f' dan 'Z' dan 'S' karena kita telah memahami anatomi huruf dengan baik. Gabungan seluruh komponen huruf dapat merupakan identifikasi visual antara huruf yang satu dengan yang lain.
Pada dasarnya huruf terdiri dari berbagai guratan garis (stroke) yang terbagi menjadi dua, yaitu : guratan garis dasar (basic stroke) dan guratan garis sekunder (secondary stroke).
Apabila berdasarkan garis geometri, maka garis dasar yang mendominasi huruf dalam alfabet terbagi menjdai 4 bagian :
kelompok
garis tegak-datar, EFHIL
kelompok
garis tegak-lengkung, BDGPRJU
kelompok
garis tegak-miring, AKMNZYVWX
kelompok
garis lengkung, COQS
Selain
itu, huruf memiliki dua ruang dasar menurut teori Gestalt yaitu figure dan
ground. apabila kita menelaan keberadaan ruang negetif dari seluruh huruf maka
secara garis besar dapat dibagi menkajadi tiga bagian :
ruang
negatif bersudut lengkung, BCDGOPQRSU
ruang
negatif bersudut persegi-empat, EFHILT
ruang
negatif bersudut persegi-tiga, AJKMNVWXYZ
Sistem Pengukuran
Apabila kita perhatikan susunan huruf-huruf pada naskah majalah, buku, ataupun koran, maka susunan-susunan huruf tersebut memiliki keteraturan dalam pengukuran dan proposisi. hal tersebut biasanya mencakup tinggi huruf, jarak huruf yang satu dengan yang lain, jarak antarbaris, dan panjang baris huruf
Apabila kita perhatikan susunan huruf-huruf pada naskah majalah, buku, ataupun koran, maka susunan-susunan huruf tersebut memiliki keteraturan dalam pengukuran dan proposisi. hal tersebut biasanya mencakup tinggi huruf, jarak huruf yang satu dengan yang lain, jarak antarbaris, dan panjang baris huruf
point
dan pica
tiga
dasar cara pengukuran tipografi adalah point (biasa disingkat dengan pt) dan pica
(dibaca: paika), dan unit. ponit digunakan untuk mengukur tinggi huruf
sedangkan pica digunakan untuk mengukur panjang huruf.
x-height
x-height
bukan merupakan sistem pengukuran huruf, melainkan besar kecilnya x-height dapat
mempengaruhi tinggi huruf secara visual. selain itu, perbedaan jenis huruf
serta proporsi antara x-height dengan body size memiliki pengaruh terhadap
ukuran ascender dan descender. besar kecilnya x-heoght memiliki pengaruh
terhadap jumlah huruf yang dapat terakomondasi dalam satu baris.
em
dan en
Spasi
adalah berupa interval antar elemen topografi yang mencakup: jarak antar huruf
atau disebut dengan kerning, jarak antar kata atau disebut dengan word spaceing
dan jarak antar baris yang disebut dengan leading.
kearning
Pengukuranjarak
antarhuruf dalam phototypesetting dan digital composition dihitung dengan unit.
sistem ini tidak memliki acuan ukuran yang tetap, dalam pengartian tiap unit
memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung pada sisten yang digunakan.
leading
Pengukuran
jarak antar baris dihitung dengan menggunakan satuan point. teknik tradisional
memggunakan lembaran metal yang disisipkan di antara baris. ketebalan metal ini
memiliki ketebalan yang beragam.
Me-render Huruf
Me-render Huruf
Bitmap
Dalam
Tampilan layar monitor ataupun cetak digital, teks di render oleh ribuan
kumpulan grid mosaik berwarna berbentuk seperti titik yang disebut pixel untuk
membuat sebuah bentuk yang diinginkan. Susunan bentuk grid inilah yang disebut
dengan Bitmap. Bitmap sangat intensif terhadap memory, sebuah file harus
mengandung informasi tentang warna dan posisi dalam sebuah halaman di setiap
pixelnya. Ketika sebuah gambar bitmap di perbesar, software hanya bisa
memperbesar bentuk pixel pada gambar tersebut, sehingga memengaruhi pixel asli
dari gambar tersebut dan bagian pixel yang kecil dan bergerigi akan menjadi
terlihat besar dan menjadikan gambar terlihat lebih bergerigi.
Vektor
Vektor
mendeskripsikan sebuah bentuk sebagai sebuah garis seperti garis lurus atau
garis melengkung yang saling menyatu dengan titik yang telah ditentukan.
Garis-garis tersebut (vektor) di rekam dalam bentuk file sebagai formula
matematika. Dan kemudian garis yang telah terbentuk di isi oleh pixel.
Jenis Huruf
Roman
Egyptian
Sans
Serif
Script
Mesellaneous
Perkembangan Tipografi
Perkembangan Tipografi
Apa itu
tipografi? Bagi sebagian orang kata-kata tipografi terasa masih asing banget
buat di dengar sehari-hari. Padahal tiap hari, tiap menit kita pasti menemukan
tipografi di setiap sudut kehidupan. Di jalan saat membaca reklame, saat
membaca poster di papan madink, membaca novel kesukaan, graffiti-gfraffiti jalanan, dan sebagainya. Yup bener banget.
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dalam dunia design bisa
di artikan lebih luas lagi yaitu ilmu tentang bagaimana kita memilih,dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang
tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca
untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Tipografi sendiri sebenarnya sudah ada dari sejak
bangsa-bangsa Mesir, Viking, Indian, dan Norwegia dalam bentuk pictogram. Apa
lagi tuh pictogram? Pictogram itu adalah gambar-gambar yang di ukir di dalam
Goa atau batu yang merupakan symbol-simbol yang masing-masing memiliki
arti. Semenjak itu seiring perkembangan
zaman yang semakin modern, pictogram-pictogram tersebut juga berevolusi menjadi
huruf-huruf yang sekarang kita pakai untuk menulis.
Indonesia
sendiri sangat kaya dengan beragam keunikan aksara-aksara yang berasal dari
berbagai daerah Jawa, , Bugis, dan batak, dll. Hal ini di manfaatkan dengan
baik oleh para desainer untuk mengembangkan unsur etnik tradisional ke
tipografi modern. Meski Indonesia
sendiri sebenarnya belum terdengar nama-nama tokoh berpengaruhnya dalam bidang
Tipografinya, tapi tidak terbatas hanya di situ saja. Meski tokoh-tokoh
berpengaruh nya belum ada, Font-font unik karya Desainer Indonesia telah
bertebaran dimana-mana. . Tipografi pun tetap menjadi unsur penting dalam
membuat suatu desain.
Font yang
terinspirasi dari logo Visit Indonesia 2009 ini didesain oleh Fizz-Labz.
Font aksara
jawa yang ini sudah dimodifikasi agar lebih readable. Sayangnya lagi, jenis font ini tidak memiliki desain
angka. Tetapi terlepas dari kekurangannya, desain font ini memang Indonesia
banget.
Diuat
oleh Suryo Wahono.
Desain font yang biasanya dipakai di rumah makan minang ini rapi dan
lumayan lengkap (huruf besar dan kecil, angka, serta beberapa tanda baca).
Sangat mencirikan rumah adat Sumatera Barat.
Desainer: Fizzetica DepokAsiana TypeFoundry
Boleh
dibilang desain font ini memiliki unsur modern-tradisional. Bentuk hurufnya
modern dan diperkaya dengan pola batik. Meskipun kurang read-able, desain font ini cukup unik.
Dibuat oleh Gregorius Wisnu.Kalau
dilihat sekilas, desain font ini sedikit mirip dengan huruf Hanacaraka.
Karakter pada font ini juga sudah lumayan lengkap.
selain
desain-desain Font yang keren seperti di atas, terdapat tokoh design yang telah tergugah hatinya untuk membuat buku
yang berjudul “tipografi dalam Desain Grafis” asli karangan desainer Indonesia
dan merupakan buku tipografi dari segelintir buku Tipografi di Indonesia selain buku-buku tipografi import.
Pengarang buku tersebuta adalah Danton
Sihombing. Berikut saya sertakan juga resensi bukunya
agar pembaca gak perlu repot-repot searching lagi.
Penulis: Danton Sihombing
Ukuran: 16,5 x 24 cm
Tebal: 190 halaman
Terbit: Januari 2001
ISBN: 979-655-956-0; 21101956
Soft Cover
Ukuran: 16,5 x 24 cm
Tebal: 190 halaman
Terbit: Januari 2001
ISBN: 979-655-956-0; 21101956
Soft Cover
Pembahasan komunikasi visual lewat
huruf dan aspek-aspek tipografi yang mendasar disajikan lewat sejarah
perkembangan desain dan gaya huruf, teknik dan terminologi dalam tipografi hingga
pedoman dasar penerapan tipografi dalam rancangan grafis. Di tengah langkanya
penerbitan buku desain grafis di Indonesia, buku ini merupakan referensi yang
baik bagi para peminat, siswa ataupun praktisi desain grafis di Indonesia.
…Buku pertama tentang tipografi yang diterbitkan di Indonesia ini akan memberikan pemahaman dasar terhadap masalah desain grafis dan tipografi. – Irvan A. Noe’man, President Director BD+A Design
…Buku pertama tentang tipografi yang diterbitkan di Indonesia ini akan memberikan pemahaman dasar terhadap masalah desain grafis dan tipografi. – Irvan A. Noe’man, President Director BD+A Design
Sumber: Gramedia Pustaka
Utama
ooooooooooooooooooooooooooooooooooooooouuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuugggggggggggggggggggggggggggoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo
ReplyDelete